Hasil Webinar Series: Solusi Catat Meter Untuk Keadilan Produsen dan Konsumer

wehasil-binar-series-solusi-catat-meter-untuk-keadilan-produsen-dan-konsumer
Berita Terkini Riki Ruli A. Siregar 2020-07-04 10:16:47


Pada hari Jumat tanggal 3 Juli 2020, LPPM IT-PLN menyelenggarakan webinar Series ke-2 sebagai kelanjutan Webinar Series ke-1. Masih berfokus pada isu-isu kelistrikan nasional saat dan pasca pandemic, Webinar Series ke-2 mengangkat tema “Solusi Catat Meter untuk Keadilan Produsen dan Konsumen”.

Adanya polemik yang berkembang terkait tarif dasar listrik dan tagihan listrik diruang publik membuat para pihak yang terlibat didalamnya mencoba mencari jalan tengah dan opsi-opsi solusi yang dapat dipilih untuk mewujudkan hubungan yang berkeadilan antara produsen dan konsumen pada penggunaan energi listrik.


Bertindak sebagai Keynote Speaker, Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa Mulyana, K, ST. MT. mengungkapkan bahwa saat ini adalah momentum digitalisasi untuk mengontrol konsumsi listrik secara teliti dan terukur.

Pada Kesempatan yang lain Pemateri yang ikut terlibat dalam kegiatan ini meliputi pihak dari IT-PLN, YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) serta PT PLN (Persero) yaitu:

  1. Bob Saril, M.Eng. Sc, saat ini sebagai Direktur Niaga & Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero). Mengangkat tema “Solusi Catat Meter Teknologi Digital Sebagai “Enabler”.
  2. Tulus Abadi, SH saat ini sebagai Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Mengangkat tema “Mengulik Fenomena Billing Shock Tagihan Listrik Selama Pandemi”.
  3. Yoga Distra Sudirman, ST., M.TI, Sebagai salah satu Dosen Fakultas Telamatika Energi IT-PLN, (Akademisi dan peneliti pada smart meter. Mengangkat tema “Persembahan Teknologi pada Smart Meter

 

Webinar ini di moderator oleh Riki Ruli A. Siregar, Sebagai salah satu Dosen Fakultas Telamatika Energi IT-PLN. Diskusi webinar menjadi sangat menarik, karena melibatkan dari Produsen dalam hal ini diwakilkan oleh PT PLN serta Konsumen yang diwakilkan dari YLKI serta dari akademisi dan peneliti yang telah membuat sebuah model smart meter energi listrik.

Dari paparan masing-masing nara sumber, bagaimana solusi yang akan diterapkan dalam penggunaan Smart Meter sebagai bagian dari smart energi dalam konsumsi listrik rumah tangga yang memiliki fitur-fitur yang canggih agar dapat membantu masyarakat untuk mengukur konsumsi listrik secara teliti sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan dalam dikemudian hari.

Smart Meter yang telah Aktif dikembangkan oleh IT-PLN diharapkan dapat tersosialisasi dengan baik dan mampu diterapkan oleh masyarakat. Tentunya dengan membangun chemistry yang baik antar masyarakat dan penyedia jasa layanan kebutuhan listrik. Dari jumlah 250 peserta yang hadir dalam webinar ini, 90% menyatakan kegiatan ini sangat baik dilaksanakan dan bermanfaat untuk dijadikan sebuah diskusi mencari solusi bagi penyedia dan pengguna energi listrik di Indonesia.

 

Komentar

Belum ada komentar

Tulis Komentar Anda

Silahkan login terlebih dahulu

Berita Lainnya

Pengabdian Masyarakat Muhammad Sofyan 2020-07-26 16:00:52

Peningkatan Sistem Sanitasi Dan Edukasi Kebersihan Di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Bekasi

Tim PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan IT-PLN melakukan kegiatan berupa peningkatan…

Seminar Riki Ruli 2020-03-12 11:25:16

Seminar Nasional Energi Kelistrikan Teknik dan Informatika (SNEKTI) 2020

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi PLN (IT-PLN), memiliki tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) melakukan penjaminan mutu untuk pelaksanaan…

Opini Haris 2020-03-27 22:13:43

Pemikiran Mengenai Pencapaian Visi Institut Teknologi PLN

Sinergimas - Sharing pemikiran merupakan suatu keharusan ketika sebuah institusi untuk pengembangan kearah yang lebih baik. Baik melalui WhatsApp Group ataupun…

Prestasi Mutho 2020-03-10 10:55:19

Arif Meraih kategori Best Innovation Group dalam Asia Pacific Millenials Conference di Kuala Lumpur

Prestasi merupakan hal yang luar bisa dan merupakan suatu kebanggaan dan pencapaian tertinggi diharapkan semua orang, Arif Darmawan salah seorang mahasiswa Jurusan…