6 Langkah Mudah Melawan Covid-19

6-langkah-mudah-melawan-covid19
Berita Terkini Haris 2020-03-28 00:19:09

Sinergimas ­– Penyebaran virus Corona jenis baru Covid-19 berkembangan pesat diberbagai Negara. Pada tanggal 11 Maret 2020 WHO resmi mengumumkan bahwa Covid-19 sebagai Pandemi. Data terbaru dari WHO pada tanggal 26/03/2020, 198 Negara telah melaporan kasusnya.

Terhitung semenjak tanggal 2 Maret 2020 Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama Covid-19 di Indonesia. Hingga saat ini penyebaran Covid-19 kian menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Terhitung tanggal 26 Maret 2020 sudah 893 orang yang dinyatakan positif Covid-19, 35 orang sembuh, dan 78 orang meninggal dunia. Angka kematian yang disebabkan oleh Covid-19 di Indonesia ini merupakan angka tertinggi di Negara-Negara ASEAN.

Usaha pemerintah untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19 dilaksanakan semaksimal mungkin. Diantaranya dengan Social Distancing, PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), WFH (Work From Home) dan masih banyak lainnya.

Lalu bagaimana usaha kita sebagai individu dalam memerangi Covid-19, serta mendukung usaha pemerintah agar Pandemi Covid-19 ini dapat diselesaikan? beberapa cara agar kita dapat menjaga diri virus Covid-19:

 

1. Selalu Menjaga Kebersihan

Usahakan selalau menjaga kebersihan seluruh anggota tubuh. Jika ada keadaan mendesak untuk keluar dari rumah usahankan selepas kembali kerumah langsung mandi dan mencuci tangan. Serta selalu disiplin untuk membersihkan barang-barang yang biasa disentuh sepert gagang pintu, ponsel, uang, dompet, dan lain sebagainya. Tidak menutup kemungkinan Covid-19 menempel dipermukaan benda tersebut dan menjadi sarana penularan.

 

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Selama kegiatan #DirumahAja usahakan mengkonsumsi makanan 4 Sehat 5 Sempurna, dengan mengkonsumsi sayur, buah, dan lauk-pauk yang sehat, hindari makanan-makanan Junk Food. Buah-buahan dan sayur yang kita konsumsi memliki kandungan Vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah kita terpapar virus Covid-19

 

3. Olahraga

Selama Pandemi Covid-19, kita juga harus berolahraga yang bisa dilakukan dirumah, agar meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan #DirumahAja, Push Up, Sit Up, Menari, Naik turun tangga, Lompat Tali, Yoga, Squat dan lain sebagainya.

 

4. Tidak melakukan kontak fisik

Jika ada keadaan mendesak dan membuat harus bertemu dengan orang lain, usahan tidak melakukan kontak fisik apapun. Ini berguna untuk menghindari penyebaran Covid-19

 

5. Menggunakan Transportasi Pribadi

Bila terpaksa bepergian, jangan menggunakan transportasi umum. Karena di transportasi umum banya sekali orang saling berbaur. Tidak ada yang bisa melakukan Social Distancing didalam Transportasi Umum, yang memungkinkan menjadi sarana penyebaran Covid-19 yang tidak disadari.

 

6. Etika Bersin dan Batuk

Jika tubuh dalam keadaan yang kurang sehat seperti flu atau batuk, usahakan menggunakan masker dan menerapkan etika bersin dan batuk dengan cara menutupnya dengan siku tangan.

Dengan menerapkan beberapa cara tersebut bisa menjadi salah satu tameng agar kita semua selalu dalam keadaan sehat dan penyebaran Covid-19 ini segera berakhir. Stay Safe !

 

 

Penulis : Trisma Juwita

Komentar

Belum ada komentar

Tulis Komentar Anda

Silahkan login terlebih dahulu

Berita Lainnya

BERITA TERKINI Muhamad Jafar Elly 2020-09-13 22:25:15

MENJADI DOSEN PENGGERAK DI MASA PANDEMI COVID-19

Pasca dilantik sebagai presiden oktober 2019 lalu, presiden Joko Widodo mencanangkan visi pemerintahnya untuk lima tahun ke depan, yakni menghasilkan sumber daya…

Pengabdian Masyarakat Karina 2020-10-07 00:10:17

Informatika IT-PLN Mendukung Pelaksanaan Sistem Pendidikan di SDIT Yasir Cipondoh

Sinergimas -Tim Dosen dari Fakultas Telematika Energi mengadakan program Pengabdian Kepada Masyarakat yang berlokasi di SDIT Yasir Cipondoh – Tangerang Pada…

Pengabdian Masyarakat Adri Senen 2020-07-30 14:30:34

Kegiatan PkM : Pemanfaatan Tenaga Surya Untuk Penyaluran Air Bersih Bagi Pesantren At-Thumaaninah Ka

Kecamatan Sajira merupakan kecamatan di Kabupaten Lebak Provinsi Banten yang terkenal karena pesantrennya. Salah satu pesantren dengan jumlah santri yang cukup…

Berita Terkini Riki Ruli A. Siregar 2020-06-06 12:09:44

Webinar Series: Proyeksi Kebutuhan Energi Listrik Nasional Pasca Pandemi Covid-19

Wabah Virus Corona atau COVID-19 yang melanda Republik Indonesia di awal tahun 2020, membuat segala sektor usaha di berbagai bidang terkena imbas penurunan yang cukup besar.…