Revitalisasi Prasarana Untuk Mendukung Kesehatan Lingkungan Di Kel. Pinang, Kec. Pinang, Tangerang

revitalisasi-prasarana-untuk-mendukung-kesehatan-lingkungan-di-kel-pinang-kec-pinang-kota-tangerang-banten
Pengabdian Masyarakat Dyah 2020-09-16 15:19:14

Pertumbuhan wilayah perkotaan sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi. Semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk menyebabkan kebutuhan akan tempat hunian juga semakin mengalami peningkatan. Kebutuhan tempat hunian tersebut termasuk didalamnya kebutuhan akan sarana dan prasarana yang memadai seperti drainase dan tempat penampungan sampah sementara. Sistem drainase yang baik serta tersedianya tempat penampungan sampah yang memadai di suatu kawasan tempat hunian akan mendukung terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.

Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang tepatnya di RT 13/ RW4 merupakan salah satu kawasan hunian dengan berbagai macam permasalahan terutama kebutuhan sarana dan prasarana. Pada kesempatan ini,   tim dosen yaitu Dyah Pratiwi Kusumastuti, Indah Handayasari, Irma Sepriyanna dan Hastanto Sm dibantu oleh mahasiswa dari Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan Institut Teknologi PLN melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam rangka pendampingan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh warga mitra yaitu masyarakat dan pengurus RT setempat.

Berdasarkan hasil survei tim, permasalahan yang saat ini sedang dihadapi warga mitra saat ini antara lain saluran drainase yang tidak memadai sehingga sering kelebihan kapasitas. Hal ini disebabkan karena saluran drainase eksisting hanya memiliki saluran di satu sisi jalan saja. Permasalahan lain yang ditemui oleh anggota kelompok pengabdian pada masyarakat adalah tempat penampungan sampah sementara yang volumenya tidak sesuai dengan timbulan sampah per harinya. Tempat penampungan sampah sementara berada didekat saluran drainase, sehingga ketika kondisi sampah penuh akibat terlambatnya pengangkutan dari dinas terkait, maka sampah akan mudah jatuh ke dalam saluran drainase. Selain itu akibat pembusukan sampah di dasar saluran dan masuknya tanah di sekitar saluran dan TPS menyebabkan saluran drainase tidak berfungsi dengan semestinya.

Penanganan pertama yang harus dilakukan adalah dengan merevitalisasi saluran drainase eksisting dengan melakukan penambahan lebar saluran serta melakukan penambahan saluran drainase pada sisi lainnya. Hal tersebut dilakukan karena pelaksanaan pekerjaan revitalisasi saluran memakan waktu yang cukup lama. Setelah kegiatan pertama yaitu revitalisasi saluran drainase selesai dilakukan, maka dilanjutkan dengan kegiatan kedua yaitu revitalisasi tempat penampungan sampah sementara (TPS). Tujuan dari kegiatan revitalisasi TPS adalah untuk mengembalikan fungsi saluran drainase yang ada di sekitar TPS dan melakukan pemagaran TPS untuk mencegah jatuhnya sampah ke dalam saluran.

Pada saat kunjungan akhir yang dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat terlihat antusiasme warga mitra khususnya RT 13/RW 04 dalam kegiatan gotong royong menjaga kebersihan lingkungan semakin meningkat, terlihat dari semakin banyaknya warga yang  berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Selain itu program pemagaran tempat penampungan sampah sementara berfungsi dengan baik, karena sampah yang jatuh ke dalam saluran semakin berkurang serta saluran drainase telah berfungsi sebagaimana mestinya.

Komentar

Belum ada komentar

Tulis Komentar Anda

Silahkan login terlebih dahulu

Berita Lainnya

Berita Terkini Riki Ruli A. Siregar 2020-04-26 10:01:22

Seminar Online: Penulisan dan Publikasi Artikel ilmiah di Jurnal Internasional Terindex Scopus.

Salah satu kegiatan dalam tridarma perguruan tinggi, adalah hasil penelitian dan PkM yang diseminasi dengan luaran Publikasi Ilmiah. Publikasi di jurnal internasional…

Berita Terkini Riki Ruli 2020-04-01 09:25:28

Profil LPPM-Institut Teknologi PLN

PROFIL

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

INSTITUT TEKNOLOGI PLN

 

  A.…

Berita Terkini Haris 2020-03-26 17:14:09

Pandemi COVID-19, Kebijakan dan Penanggulangannya di Institut Teknologi PLN

Sinergimas - Pandemi covid-19 atau lebih sering disebut dengan virus Corona saat ini di Indonesia semakin meluas persebarannya dengan jumlah total pasien positif…

Seminar Riki Ruli 2020-03-12 11:25:16

Seminar Nasional Energi Kelistrikan Teknik dan Informatika (SNEKTI) 2020

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi PLN (IT-PLN), memiliki tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) melakukan penjaminan mutu untuk pelaksanaan…