Seminar Online: Penulisan dan Publikasi Artikel ilmiah di Jurnal Internasional Terindex Scopus.

seminar-online-penulisan-dan-publikasi-artikel-ilmiah-di-jurnal-internasional-terindex-scopus
Berita Terkini Riki Ruli A. Siregar 2020-04-26 10:01:22

Salah satu kegiatan dalam tridarma perguruan tinggi, adalah hasil penelitian dan PkM yang diseminasi dengan luaran Publikasi Ilmiah. Publikasi di jurnal internasional yang bereputasi merupakan alat untuk membangun reputasi individu dosen dan institusi  tempatnya mengabdi khususnya di Instititut Teknologi PLN.

Publikasi Ilmiah Internasional menjadi Salah satu indikator kualitas Perguruan Tinggi Bentuk kontribusi (nasional-global) Menunjukkan tingkat kemajuan ilmu komunitas/bangsa/negara Terkait dengan kemajuan, kepeloporan dan kemakmuran. Publikasi ilmiah internasional Media publikasi yang bereputasi tinggi Impact factor Jumlah publikasi sebanyak mungkin Citasi sebanyak mungkin (sebagai ukuran impact factor tiap paper) H-index tinggi (diperoleh dengan jumlah publikasi banyak dan citasi tinggi). Saat ini, salah satu entitas yang paling dikenal oleh para peneliti dunia adalah Scopus.

Scopus merupakan salah satu target peneliti, yang akan mempublikasikan hasil riset karena Scopus juga memberikan data agregat untuk menunjukkan tingkat pengaruh suatu jurnal (journal impact) atau institusi (institutional impact) dalam dunia publikasi ilmiah berdasarkan hubungan sitasi dari dan ke artikel-artikel yang diterbitkan oleh sebuah jurnal atau dipublikasikan oleh peneliti-peneliti dari suatu institusi. Maka, pengguna Scopus dengan mudah mendapatkan informasi mengenai apa yang sudah dipublikasikan oleh penerbit-penerbit atau lembaga-lembaga riset dari seluruh dunia; dan kemana sebaiknya kita mempublikasikan karya kita.

Persiapan Institut Teknologi PLN (IT-PLN) dalam menghadapi dunia global diantaranya dilakukan upaya dalam peningkatan jumlah publikasi dari hasil riset akan memberikan ruang bagi IT-PLN untuk lebih cepat mewujudkan Perguruan Tinggi berpredikat World Class University.

Kendala lain adalah ketersediaan waktu yang sedikit untuk menulis dan melakukan riset. Sebab ada beban kerja yang tinggi, yakni waktu sangat tersita untuk mengajar dengan jumlah mahasiswa yang banyak, membimbing skripsi, tesis, membimbing magang, melakukan pekerjaan administrasi hingga tugas-tugas struktural.

Dari uraian yang telah disebutkan sebelumnya, dalam rangka peningkatan jumlah dan kualitas publikasi karya ilmiah terindex scopus bagi peneliti di IT-PLN, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IT-PLN akan menyelenggarakan Seminar Online: Penulisan dan Publikasi Artikel ilmiah di Jurnal Internasional Terindex Scopus.

Kegiatan ini akan dilaksanakan hari Kamis, tanggal 14 Mei 2020, jam 09:00 - 12:00 WIB dengan narasumber:

  1. Prof. Dr. Ing. Mudrik Alaydrus, dengan tema: Menembus Scopus di bidang Teknik
  2. Dr. Eng. Amry Dasar, ST., M.Eng dengan tema: Menulis Artikel Ilmiah di Jurnal Scopus

Dengan Exclusive Presentation via Microsoft Teams.

Peserta terbatas hanya 75 orang.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/2RHjOKf

Komentar

superadmin, berkata:

" Mantab gan "

pada 2020-04-28 11:22:41


Tulis Komentar Anda

Silahkan login terlebih dahulu

Berita Lainnya

Pengabdian Masyarakat Didik Setiyadi 2020-07-29 07:48:25

Pelatihan Online Basic PHP Programming untuk ASN dan Non ASN Pemerintah Kota Bekasi

Sinergimas - Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu bentuk Tri dharma Perguruan Tinggi dapat berupa sosialisasi, pelatihan, bakti sosial…

BERITA TERKINI Haris 2020-10-06 23:32:03

Sinergi Institusi Pendidikan dan Industri Ketenagalistrikan dalam Membentuk SDM Ketenagalistrikan

Sinergimas - Perguruan tinggi dan industri merupakan ikatan mata rantai yang tidak terpisahkan, Keduanya saling memberikan feedback satu sama lainnya…

Pengabdian Masyarakat RR. Mekar Ageng Kina 2020-07-11 17:53:23

Apo Semi Hybrid Dan Penanaman Bibit Mangrove Di Pantai Beting Desa Pantai Bahagia Muara Gembong

Tema Pengabdian Masyarakat lingkup Internal IT PLN yang kami pilih pada Tahun Ajaran Genap 2019/ 2020 ini adalah Pemecah Ombak Sederhana dan Mangrove sebagai upaya…

Berita Terkini Riki Ruli A. Siregar 2020-07-04 10:16:47

Hasil Webinar Series: Solusi Catat Meter Untuk Keadilan Produsen dan Konsumer


Pada hari Jumat tanggal 3 Juli 2020, LPPM IT-PLN menyelenggarakan webinar Series ke-2 sebagai kelanjutan Webinar Series ke-1. Masih berfokus…