Seminar Online: Penulisan dan Publikasi Artikel ilmiah di Jurnal Internasional Terindex Scopus.

seminar-online-penulisan-dan-publikasi-artikel-ilmiah-di-jurnal-internasional-terindex-scopus
Berita Terkini Riki Ruli A. Siregar 2020-04-26 10:01:22

Salah satu kegiatan dalam tridarma perguruan tinggi, adalah hasil penelitian dan PkM yang diseminasi dengan luaran Publikasi Ilmiah. Publikasi di jurnal internasional yang bereputasi merupakan alat untuk membangun reputasi individu dosen dan institusi  tempatnya mengabdi khususnya di Instititut Teknologi PLN.

Publikasi Ilmiah Internasional menjadi Salah satu indikator kualitas Perguruan Tinggi Bentuk kontribusi (nasional-global) Menunjukkan tingkat kemajuan ilmu komunitas/bangsa/negara Terkait dengan kemajuan, kepeloporan dan kemakmuran. Publikasi ilmiah internasional Media publikasi yang bereputasi tinggi Impact factor Jumlah publikasi sebanyak mungkin Citasi sebanyak mungkin (sebagai ukuran impact factor tiap paper) H-index tinggi (diperoleh dengan jumlah publikasi banyak dan citasi tinggi). Saat ini, salah satu entitas yang paling dikenal oleh para peneliti dunia adalah Scopus.

Scopus merupakan salah satu target peneliti, yang akan mempublikasikan hasil riset karena Scopus juga memberikan data agregat untuk menunjukkan tingkat pengaruh suatu jurnal (journal impact) atau institusi (institutional impact) dalam dunia publikasi ilmiah berdasarkan hubungan sitasi dari dan ke artikel-artikel yang diterbitkan oleh sebuah jurnal atau dipublikasikan oleh peneliti-peneliti dari suatu institusi. Maka, pengguna Scopus dengan mudah mendapatkan informasi mengenai apa yang sudah dipublikasikan oleh penerbit-penerbit atau lembaga-lembaga riset dari seluruh dunia; dan kemana sebaiknya kita mempublikasikan karya kita.

Persiapan Institut Teknologi PLN (IT-PLN) dalam menghadapi dunia global diantaranya dilakukan upaya dalam peningkatan jumlah publikasi dari hasil riset akan memberikan ruang bagi IT-PLN untuk lebih cepat mewujudkan Perguruan Tinggi berpredikat World Class University.

Kendala lain adalah ketersediaan waktu yang sedikit untuk menulis dan melakukan riset. Sebab ada beban kerja yang tinggi, yakni waktu sangat tersita untuk mengajar dengan jumlah mahasiswa yang banyak, membimbing skripsi, tesis, membimbing magang, melakukan pekerjaan administrasi hingga tugas-tugas struktural.

Dari uraian yang telah disebutkan sebelumnya, dalam rangka peningkatan jumlah dan kualitas publikasi karya ilmiah terindex scopus bagi peneliti di IT-PLN, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IT-PLN akan menyelenggarakan Seminar Online: Penulisan dan Publikasi Artikel ilmiah di Jurnal Internasional Terindex Scopus.

Kegiatan ini akan dilaksanakan hari Kamis, tanggal 14 Mei 2020, jam 09:00 - 12:00 WIB dengan narasumber:

  1. Prof. Dr. Ing. Mudrik Alaydrus, dengan tema: Menembus Scopus di bidang Teknik
  2. Dr. Eng. Amry Dasar, ST., M.Eng dengan tema: Menulis Artikel Ilmiah di Jurnal Scopus

Dengan Exclusive Presentation via Microsoft Teams.

Peserta terbatas hanya 75 orang.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/2RHjOKf

Komentar

superadmin, berkata:

" Mantab gan "

pada 2020-04-28 11:22:41


Tulis Komentar Anda

Silahkan login terlebih dahulu

Berita Lainnya

Pengabdian Masyarakat Riki Ruli 2020-03-12 14:48:05

Penelitian dan PkM Desa Ciareuten Ilir

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi PLN (IT-PLN), memiliki tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) melakukan penjaminan…

Berita Terkini Riki Ruli 2020-04-01 09:25:28

Profil LPPM-Institut Teknologi PLN

PROFIL

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

INSTITUT TEKNOLOGI PLN

 

  A.…

Pengabdian Masyarakat Sugeng Purwanto 2020-07-14 15:07:10

Teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Dalam Terwujudnya Kemandirian Energi Listrik

Teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan teknologi tepat guna dalam mengatasi ketersediaan pasokan listrik di masyarakat dan sudah banyak digunakan…

Pengabdian Masyarakat Dewi 2020-07-18 13:23:06

Pemanfaatan Listrik Tenaga Surya Mesin Pompa Air Masyarakat Dusun Cilatak, Desa Sukadana

   Peran serta perguruan tinggi dalam pelaksanaan pembangunan dan pengembangan desa sangat diharapkan oleh pemerintah khususnya dalam membantu program pemerintah…