Penelitian dan PkM Desa Ciareuten Ilir

penelitian-dan-pkm-desa-ciareuten-ilir
Pengabdian Masyarakat Riki Ruli 2020-03-12 14:48:05

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi PLN (IT-PLN), memiliki tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) melakukan penjaminan mutu untuk pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh dosen/peneliti IT-PLN. Dan salah satu kegiatannya dilakukan di Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor terletak di sebelah barat Kabupaten Bogor dengan ketinggian tanah ± 460 m di atas permukaan laut, kondisi saat ini desa tersebut memiliki beberapa kendala yang berhubungan dengan perekonomian, air bersih dan pengembangan promosi terhadap objek wisata daerah dan sejarah yang dimilikinya. Warga berharap dapat bantuan secara keberlanjutan dari pihak-pihak terkait namun sampai saat ini bantuan tersebut belum secara optimal warga peroleh.

Salah satu tim dosen dari prodi Teknik Informatika IT-PLN telah melakukan kunjungan awal ke desa tersebut dalam rangka kegiatan Penelitian dan PkM periode tahun 2019/2020, desa Ciaruteun Ilir ini dipilih oleh tim karena memiliki karakteristik yang sesuai dengan sasaran dan tujuan dari tim, yaitu:

  1. Memiliki kendala dalam pemerolehan air layak pakai baik pada saat musim hujan ataupun kemarau
  2. Sebagian dari masyarakat desa tersebut berprofesi sebagai petani yang terkendala oleh serangan hama padi
  3. Desa Ciaruteun Ilirpun memiliki potensi objek wisata budaya dan sejarah yang layak untuk dipromosikan dan dikembangkan berupa situs prasasti Batu Tulis, prasasti Kebon Kopi dan Batu Menhir.

Menurut salah satu ketua tim Hendra Jatnika, kegiatan ini merupakan implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu penelitian dan PkM serta sebagai salah satu upaya dalam membantu masyarakat Desa Ciaruteun Ilir kabupaten Bogor dari kendala yang dihadapi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi.

Adapun sasaran dan tujuan tim adalah sebagai berikut:

  1. Membantu masyarakat sekitar dalam mendapatkan informasi kelayakan kadar air yang digunakan sehari-hari melalui alat ukur kwalitas air yang berbasis teknologi informasi.
  2. Membantu masyarakat dalam mengantisipasi serangan hama, khususnya hama penggerek batang padi menggunakan sistem infomasi berbasis web sehingga meningkatkan presentase keberhasilan panen.
  3. Membantu pengelola situs budaya dan sejarah didesa tersebut dalam mempromosikan dan mengembangkan potensi wisata menggunakan perangkat teknologi infomasi.

Dari hasil kunjungan awal ini, tim dosen  tersebut telah mendapatkan data-data yang diperlukan untuk tahapan kegiatan penelitian dan PkM selanjutnya. Hasil dari penelitian dan PkM ini di harapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa Ciaruteun Ilir pada khususnya, dan pihak-pihak terkait pada umumnya.

 

Komentar

Belum ada komentar

Tulis Komentar Anda

Silahkan login terlebih dahulu

Berita Lainnya

Pengabdian Masyarakat Mutho 2020-03-10 11:00:02

Penanandatanganan Kontrak Penelitian dan PkM STT-PLN Tahun 2019

Sebagai lanjutan rangkaian kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam lingkup internal STT-PLN, LPPM STT-PLN menyelenggarakan penandatanganan kontrak Penelitian dan…

Pengabdian Masyarakat Christine W 2020-07-23 11:15:17

PkM: Pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan mengunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh dosen sebagai  salah satu perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada PKM…

Pengabdian Masyarakat RR. Mekar Ageng Kina 2020-07-11 17:53:23

Apo Semi Hybrid Dan Penanaman Bibit Mangrove Di Pantai Beting Desa Pantai Bahagia Muara Gembong

Tema Pengabdian Masyarakat lingkup Internal IT PLN yang kami pilih pada Tahun Ajaran Genap 2019/ 2020 ini adalah Pemecah Ombak Sederhana dan Mangrove sebagai upaya…

Penelitian Mutho 2020-03-10 10:40:27

Penyerahan Sertifikat Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik

Pada hari senin 25 Nopember 2019 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional menyelenggarakan kegiatan Koordinasi Pengembangan Jurnal dan Penyerahan…